Pelaksanaan Diklat Askom (Asesor Kompetensi) di LSP SMK Turen oleh Master Asesor BNSP

(2/11) LSP SMK Turen, menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Asesor Kompetensi, pada hari Senin sampai Kamis, tanggal 2 – 5 November 2020.
Diklat asesor yang diikuti oleh 22 peserta dari SMK Turen dibuka hari Senin, 2 November 2020 oleh Master Asesor dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yaitu Master Asesor Ibu Delfita dan Master Asesor Bapak Suyanto dan disambut oleh Ketua Yayasan yaitu Bp Arifin, S.H dan Kegiatan dibuka secara resmi oleh Ketua Dewan Pengarah LSP SMK Turen yaitu Bp Winarko, S.T.

Acara dilaksanakan selama 4 hari, dan materi pertama yaitu MAPA (Merencanakan Aktivitas dan Proses Asesmen) yang dipandu oleh Bp. Suyanto, Selanjutnya pemahaman materi dibimbing oleh Ibu Delfita.

Hari kedua, dilanjutkan materi MA (Melaksanakan Asesmen), materi ini berisikan pokok dari kegiatan Asesmen yang nantinya akan dilakukan oleh seorang Asesor Kompetensi. Materi ini selain dijelaskan pemateri, peserta diklat juga mempraktikan pembuatan dokumen MA (Melaksanakan Asesmen) termasuk materi hari pertama yaitu MAPA (Merencanakan Aktivitas dan Proses Asesmen) .

Dokumen yang dibuat meliputi map merah (Uji Observasi) dan map kuning (Uji Portofolio), dokumen map merah digunakan untuk menguji asesi yang belum memiliki pengalaman bekerja, sedangkan map kuning digunakan untuk menguji asesi yang sudah berpengalaman pada bidangnya dibuktikan dengan portofolio

Hari Ketiga, adalah pelaksanaan uji coba perangkat asesmen (map merah dan map kuning) yang dilakukan antar peserta diklat askom (asesor kompetensi) secara bergantian.

Hari keempat, merupakan kegiatan terakhir yaitu penyampaian materi MKVA (Memberikan Kontribusi atas Validasi Asesmen) yang disampaikan oleh Ibu Delfita dilanjutkan penambahan dokumen MKVA di map merah dan map kuning. Pada hari terakhir ini juga peserta diklat askom menyiapkan dokumen map hijau yang baru untuk disiapkan sebagai perangkat UJI ASKOM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *