Pelaksaaan Uji ASKOM (Asesor Kompetensi)

(6/11) Setelah Diklat ASKOM (Asesor Kompetensi) di LSP SMKTuren ditutup tepat pada hari Kamis, 5 November 2020. LSP SMK Turen kembali malaksanajan runtutan acara dengan melaksanakan Uji ASKOM (Asesor Kompetensi) yang dilaksanakan pada hari Jum’at, 6 November 2020. Acara tersebut dilaksanakan secara berkelompok oleh tiga Master Asesor dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Asesor yang pertama yakni Ibu Utami Wdiasih selaku Master Asesor penguji Calon Asesor di jurusan Teknik Pemesinan, sedangkan untuk penguji Calan Asesor dari jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, serta Rekayasa Perangkat Lunak dilakukan oleh dua Master Asesor yakni Ibu Nurul dan Bapak Busmin Napitupulu.

Acara diawali dengan sambutan dari Master Asesor Bapak Busmin Napitupulu mengenai review materi diklat ASKOM (Asesor Kompetensi) yang telah dilaksanakan. Kemudian dilanjutkan dengan uji tulis ASKOM (Asesor Kompetensi). Setelah uji tulis selesai, Master Asesor bersama dengan peserta diklat mengoreksi hasil uji tulis yang telah dilaksanakan.

Acara dilanjutkan dengan pengisian dokumen map hijau yang nantinya akan digunakan sebagai perangkat asesmen uji kompetensi dengan siswa sebagai asesinya. Pengisian dokumen dilaksanakan sesuai dengan apa yang diisikan pada map merah, yakni dokumen untuk menguji asesi yang masih belum memiliki pengalaman bekerja. Setalah pengisian dokumen selesai, rangkaian uji kompetensi di jeda untuk melaksanakan istirahat dan sholat Jum’at.

Setelah Ishoma, kegiatan dilanjutkan dengan simulasi langsung pelaksanaan asesmen antara asesor dan asesi. Disini, asesor melaksanakan uji asesmen secara langsung sesuai unit kompetensi masing-masing. Master Asesor penguji mengawasi jalannya asesmen dari masing-masing asesor secara bergantian.

Setelah seluruh kegiatan asesmen selesai, peserta uji ASKOM (Asesor Kompetensi) kembali ke ruang utama untuk melengkapi dokumen map hijau, kemudian mengumpulkan hasil map hijau yang telah terisi ke Master Asesor penguji masing-masing untuk di cek pengisiannya.

Di jurusan Teknik Pemesinan yang diuji oleh Master Asesor Ibu Utami Widiasih, dokumen map hijau dikembalikan ke peserta Uji ASKOM (Asesor Kompetensi) untuk dikoreksi bersama dan dipandu pengisian kolom komentar yang belum terisi. Setelah dokumen terisi semua, dokumen dikumpulkan ke Master Asesor. Dan, kegiatan uji kompetensi diakhiri dengan pemberian keputusan hasil Uji ASKOM (Asesor Kompetensi) yang menyatakan 22 peserta Uji ASKOM (Asesor Kompetensi) dinyatakan kompeten.

No Nama Peserta SKEMA
1 Muhammad Shodiq, S.T TEKNIK PEMESINAN
2 Pristiyasa, S.Pd TEKNIK PEMESINAN
3 Yonathan Adi P, S.T TEKNIK PEMESINAN
4 Bagus Pratama, S,Pd TEKNIK PEMESINAN
5 Candra Andhika T, S.Pd TEKNIK PEMESINAN
6 Muhammad Izarul Haq Hannan, S.Pd TEKNIK PEMESINAN
7 Achmad Faizal Fachrurrozi, S.Pd TEKNIK PEMESINAN
8 Roni Setiawan, S.Pd TEKNIK PEMESINAN
9 Agus Nurhadi Santoso, S.T TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK
10 Nur Afida, S.T TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK
11 Husnul Khotimah, S.Pd TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK
12 Mochamad Alkhadad Zein, S.T TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK
13 Moh. Nasrudin Agus Irwanto, S.Pd TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK
14 Bagus Dermawan, S.T TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF
15 M. Faqih Ardansyah, S.Pd TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF
16 M. Rufa’i, S.T TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF
17 Dhika Hari Laksono, S.ST TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF
18 Imam Arif Priyanto, S.Pd   TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF
19 Sabbihisma Fattah Hardianto Putro, S.Pd TEKNIK DAN BISNIS SEPEDA MOTOR
20 Bagus Darmawan TEKNIK DAN BISNIS SEPEDA MOTOR
21 Eko Cahyono, S.T. TEKNIK DAN BISNIS SEPEDA MOTOR
22 Aris Diantoro, S.Kom REKAYASA PERANGKAT LUNAK
23 A’ar Hikmawan, S.Kom   REKAYASA PERANGKAT LUNAK
24 Bimo Aji Wicaksono, S.T REKAYASA PERANGKAT LUNAK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *